6 Fakta Yang Harus Anda Hadapi Jika Anda Ingin Menjadi Kaya

Tidak ada cara yang pasti untuk menjadi kaya. Tetapi ada hal-hal yang dapat anda lakukan guna meningkatkan peluang anda untuk menjadi kaya dengan cepat. Hal-hal yang akan saya sebutkan nantinya didalam postingan artikel ini tidak semuanya seksi, ataupun terbilang menyenangkan. Tetapi jika anda ingin memiliki rekening bank yang penuh dengan uang tunai, maka inilah yang perlu anda ketahui.

  1. Anda harus berinvestasi

Investasi mengintimidasi banyak dari kita. Dan ya, terdapat cara untuk kaya dengan cepat selain berinvestasi. Tetapi didalam daftar Forbes Billionaires tahun 2013, bagian terbesar dari miliarder – total 148 orang – membangun kekayaannya melalui investasi. Entah itu mereka membangunnya dari saham atau sesuatu seperti real estate, melakukan investasi tidak hanya memberikan anda kesempatan untuk menghasilkan uang dalam jumlah yang besar, tetapi hal ini juga membantu anda menghasilkan pendapatan secara pasif – uang akan masuk dan anda tidak perlu melakukan pekerjaan secara langsung. Secara keseluruhan, hanya ada begitu banyak jam yang aktif dalam sehari dimana anda bisa mendapatkan uang – sehingga sangat masuk akal untuk menempatkan uang anda disini agar ia dapat bekerja untuk anda.

  1. Anda harus mulai sekarang

Bila anda menabung dan berinvestasi maka anda akan mendapatkan bunga. Dan saat bunga itu terlihat membesar, sesuatu yang sangat membantu uang anda agar tetap bertumbuh adalah bunga majemuk. Pada dasarnya, bunga yang anda dapatkan juga mendapatkan bunga, dan sebagainya. Selama hidup anda, hal ini bisa menghasilkan ribuan – atau bahkan jutaan – dolar dalam perbedaannya. Selain itu disaat anda menaruh uang untuk bekerja, maka semakin banyak pula pekerjaan yang ia bisa lakukan untuk anda.

Dan mulai sekarang, tidak hanya berlaku kepada investasi – anda juga harus mulai bekerja mulai dari sekarang. Banyak orang kaya yang berbakat, tetapi mereka juga bekerja dengan giat bahkan sangat keras untuk mengembangkan tingkat keterampilannya. Semakin cepat anda mulai untuk mengembangkan keterampilanmu maka semakin siap anda akan tiba ke dalam kesempatan yang luar biasa dimana dapat muncul dengan cara anda sendiri.

  1. Menghasilkan uang adalah kerja keras

Saya tahu – saya dari dulu sudah bekerja keras beberapa kali. Tetapi orang-orang kaya melakukan lebih banyak pekerjaan. Penulis Wall Street Journal – Rob Frank mengutip sebuah studi yang mencatat bahwa orang yang memperoleh lebih dari US$ 100.000 dalam setahun selalu menghabiskan kurang dari seperlima di waktu luangnya. Dan menurut Tom Corley – penulis situs Rich Habits, orang yang paling kaya juga selalu bangun 3 jam lebih awal sebelum memulai pekerjaannya sehingga mereka dapat melakukan lebih banyak pekerjaan.

  1. Anda mungkin berbelanja terlalu berlebihan

Setiap dolar yang anda belanjakan adalah uang yang bisa anda tempatkan untuk bekerja secara produktif dimana bunga majemuk terlihat manis. Saya tidak mengatakan bahwa anda tidak harus menghabiskan uang anda sekarang – saya percaya bahwa uang adalah alat yang membantu kita untuk melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. Tetapi jika anda serius ingin tahu cara cepat kaya raya dari penghasilan tambahan, maka ingatlah sekali lagi akan keajaiban bunga majemuk – semakin banyak uang yang anda masukkan untuk bekerja maka semakin banyak keuntungan yang anda dapatkan.

  1. Anda perlu menghasilkan lebih banyak, bukan hanya menghabiskan lebih sedikit

Salah satu cara untuk mendefinisikan hemat adalah “menggunakan uang anda dengan niat”. Artinya, berhemat adalah tentang pengeluaran uang pada hal-hal yang benar-benar penting bagi anda. Dalam arti saran hemat yang mendasar – seperti membuat kopi didalam rumah daripadaa membelinya di kedai kopi. Anda dapat menempatkan uang untuk membeli kopi tersebut terhadap sesuatu yang lebih penting bagi anda di lain waktu.

Tetapi selagi berhemat dapat membantu anda menabung, hal ini tidak dapat memberikan sebuah dampak besar bagi kehidupan anda seperti menghasilkan lebih banyak uang. Seperti Ramit Sethi, penulis situs I Will Teach You to Be Rich mengatakan, “Ada batas untuk seberapa banyak yang bisa anda menghemat kembali, tetapi tidak ada batas untuk seberapa banyak yang bisa anda dapatkan. Bahkan disaat anda mengurangi pengeluaran, hal ini akan semakin sulit, tetapi karena anda mendapatkan lebih banyak maka hal itu akan semakin mudah”.

  1. Bahkan saat anda mulai memupuk kekayaan, anda harus tetap (setidaknya) berhemat

Ini mungkin tidak kelihatan seperti demikian halnya saat anda melihat tampilan yang mewah dari kekayaan, tetapi banyak dari orang terkaya di dunia menggeluti perilaku hemat. Miliarder pendiri Berkshire Hathaway – Warren Buffett telah menempati rumahnya yang sederhana dengan 5 kamar tidur sejak tahun 1958. Pendiri Ikea sampai saat ini masih menggunakan bus untuk pergi ke kantornya.

Pelajarannya tidak mengajarkan bahwa anda harus mengadopsi kehidupan hemat yang ekstrim. Tetapi disini anda perlu menjaga hubungan yang waras dengan uang. Jangan biarkan gaya hidup menguasai anda. Sebaliknya, gunakan uang untuk melakukan beberapa hal yang membuat anda bahagia, menginvestasikannya sebagian dan demi kebaikan maka jangan menghamburkan semuanya.